Selasa, 22 November 2016

Pengantar Telematika 1


1.  Jelaskan peranan Telematika dalam penyampaian informasi dalam kehidupan sehari-hari! Berikan contohnya dalam  bidang pendidikan!
Jawaban : 
Peranan dan Fungsi Telematika dalam kehidupan sehari-hari yaitu :
Peranan Telematika pada bidang Pendidikan adalah E-Learning (pendidikan terbuka dengan metode jarak jauh ) yaitu E-learning merupakan contoh dari berkembangnya dunia pendidikan dari cara konvensional (tatap muka di kelas) ke cara yang lebih terbuka melalui internet. Hal ini dapat terjadi karena adanya teknologi telematika yang dapat menghubungkan pengajar dengan muridnya.Bentuk telematika lainnya masih banyak lagi, antara lain ada e-medicine, e-laboratory, e-technology, e-research, dan ribuan situs yang memberikan informasi sesuai bidangnya.
Mengingat besarnya penggunaan telematika dalam berbagai bidang, maka akan banyak memberikan dampak luas bagi masyarakat umum, khususnya dalam effisiensi waktu produktif, pemerataan distribusi, menyuguhkan banyak pilihan telematika dan sebagainya. Dan dengan adanya peranan telematika di dalam kehidupan sehari-hari penyampaian informasi dan komunikasi bagi pengguna lebih cepat dan akurat.

2.  Sebutkan dan jelaskan komponen-komponen apa saja yang menunjang layanan telematika!
Jawab :
Komponen-Komponen yang menunjang layanan telematik, dalam hal ruang lingkupnya pengkajian Hukum Telematika dapat terbagi dua komponen.  Komponen yang pertama berkaitan dengan komponen yang terkait dengan sistem, misalnya perangkat keras, perangkat lunak, prosedur, manusia dan informasi.  Komponen yang kedua adalah berkaitan dengan fungsi-fungsi telekomunikasi, misalnya input, proses, output, penyimpanan, komunikasi.  Kedua komponen tersebut dikenal dalam 4 komponen yaitu:
    A. Konten, yaitu substansi dari data yang dapat merupakan output/input dari penyelenggaraan  sistem informasi yang disampaikan kepada publik.
    B. Computing, yaitu suatu sistem pengolah informasi yang berbasiskan sistem komputer yang     merupakan computer network yang efisien, efektif dan legal.
   C. Komunikasi, yaitu keberadaan sistem komunikasi dari sistem interconnection, global interpersonal, computer network.
      D.  Perkumpulan, yaitu masyarakat sebagai pelaku intelektual.
    3. Sebutkan hal-hal apa saja yang didapat dari perkembangan layanan telematika, jelaskan !
Jawab :
·   Menciptakan Basis bagi klien Atau Pelanggan Untuk mendapatkan klien atau pelanggan baru dan menciptakan basis klien tidak selalu dapat diperoleh dengan mudah. Perjuangan untuk memperoleh pelanggan harus melalui berbagai usaha termasuk menganalisa pasar secara hati-hati & pemasaran produk dan mempunyai uji coba basis pelanggan! Internet merupakan salah satu alternatif wadah yang tepat untuk dijadikan sebagai tempat untuk basis pertemuan jutaan orang di seluruh dunia. Dengan demikian untuk mendapatkan pelanggan baru lebih mudah dengan adanya kelompok yang besar di internet tersebut.
·         Rekruitmen Tenaga kerja dan Penyedian Lowongan Kerja
Sekarang ini rekruitmen tenaga kerja melalui Internet semakin digemari oleh perusahaan-perusahaan. Di Internet terdapat banyak sekali daftar lowongan kerja dan bahkan juga pelamar pun sering pula mempromosikan dirinya melalui Internet. Sehingga dengan begitu antara yang membutuhkan tenaga kerja dan pencari pekerjaan dapat saling bertemu di internet.
·         Nasehat dan Bantuan Pakar di bidangnya
Tidak sedikit pakar yang ada di internet yang mempublikasikan karya-karya mereka untuk diketahui mereka untuk diketahui secara umum dan mudah diakses.
·         Analisa Produk dan Pasar
Internet dapat dijadikan tempat yang baik untuk melakukan riset pemasaran karena produsen atau perusahaan dapat langsung berhadapan dengan pelanggan.
·         Akses Informasi dan Penyebaran Informasi
Mempublikasikan berita melalui internet dapat tersebar luas melebihi media lainnya. Dalam hal akses informasi, melalui internet pun jauh lebih cepat jika dibandingkan dengan menggunakan fax atau pos.
4.  Bagaimana menghindari dampak negatif dari perkembangan telematika? Jelaskan!
Jawab : 
 - Dampak negatif (kerugian) dari perkembangan telematika antara lain : 
      - Adanya cyber crime yaitu mengkloning data.
      - Menyadap data.
·     - Mengubah data tanpa seizin pemilik data.
 - Adanya penyebaran virus, flooding, spoofing dsb.
      Untuk itu perlu adanya antisipasi dampak negatif dari perkembangan telematika yaitu :
       a)  Menggunakan teknologi informasi sesuai kebutuhan. Jangan lakukan hal - hal yang tidak   penting, seperti bermain game. Karena hal tersebut dapat menyebabkan kecanduan.
      b) Blokir situs - situs dan halaman website yang tidak edukatif serta menimbulkan dampak buruk bagi diri sendiri.
      c) Atur jadwal kegiatan menggunakan teknologi informasi. Agar tidak berlebihan dalam penggunaanya.
      d) Waspada dan teliti dalam menggunakan setiap produk teknologi informasi.
        e)  Jangan menggunkan teknlogi informasi untuk melakukan kejahatan.
      f) Jangan hanya sibuk dengan produk teknologi informasi, lakukan kegiatan lain yang lebih bergunadan bermanfaat.

0 komentar:

Posting Komentar