Sabtu, 03 November 2012

Masyarakat & Teknologi

Berbicara tentang masyarakat dan teknologi, menurut saya dalam pembahasan kali ini sangat banyak sekali materi yang harus saya sampaikan . karena pada zaman orde reformasi seperti saat ini . perkembangan teknologi informasi dan komunikasi adalah perkembangan nomor 1 yang dapat membuat perubahan ( komunikasi, politik, dan kebudayaan ) . contoh seperti pesawat telepon yang sering kita pakai saat ini yaitu handphone . Yang awalnya hanya bisa berkomunikasi dengan fitur SMS  ( Short Message Service ) dan telepon ( call ). sekarang sudah berkembang menjadi smartphone . yang dimana handphone ini bisa di pakai untuk berkomunikasi secara face to face / 3G langsung bisa berkomunikasi tatap muka lawan bicaranya . luar biasa sekali bukan ? Ya, memang itu contoh kecil dari perkembangan teknologi yang dapat memudahkan masyarakat untuk berkomunikasi .

Lalu bagaimana dalam bidang teknologi komputer . pada era globalisasi saat ini . siapa tidak kenal komputer ? hampir semua kegiatan pengoperasian apapun memakai komputer . bahkan masyarakat sudah banyak yang menggunakan internet . karena memang teknologi internet sangat mempermudah kita untuk mengetahui apa saja yang kita belum tau . saya sendiri jujur sangat terbantu sekali, dengan adanya internet . masyarakat akan mendapatkan pengetahuan pengetahuan yang dimana tidak mungkin di dapatkan secara mudah di dunia nyata . contoh, ingin bisa memasak . karena adanya internet, kita tidak perlu membuang uang untuk kursus . tapi cukup mengakses situs google.com . google ini akan menampilkan semua data data yang kita butuhkan . google adalah mesin pencari ( search engine ) yang paling lengkap .

Berikut ini gambar skema pengguna & pengolah informasi internet




Kecanggihan media teknologi teknologi seperti handphone, komputer, dll . tidak akan berjalan sesuai dengan fungsinya sebagai media komunikasi dan informasi tanpa adanya bantuan sebuah jaringan yang bernama internet . yang dimana internet adalah sebuah alat yang berfungsi untuk mempermudah masyarakat berkomunikasi dan mendapatkan informasi - informasi di dunia maya .

Berikut teknologi yang juga sudah berkembang dalam bidang ekonomi seperti penjualan berupa bisnis online . yang dimana para penjual dan konsumen tidak harus cape cape bertemu . cukup dengan teknologi transfer via e-banking dan barang yang kita inginkan pun akan segera di kirim melalui JNE/TIKI ke tempat tujuan kita. sangat membantu bukan ? tetapi, anda harus berhati hati terhadap maraknya penipuan bisnis online . karena itulah cari penjual yang memang sudah banyak yang bertransaksi dengan si penjual .

Nah, terlihat jelas perkembangan teknologi pada masyarakat begitu bermacam macam dari yang positif hingga yang negatif pun ada . so, pergunakanlah teknologi informasi dan komunikasi sebaiknya mungkin .

12 komentar:

  1. Technology adalah buatan manusia, jadi jangan sampai technology yg menguasai/mengontrol 'tuhan nya'. Yg ada malah harus sebaliknya. :)

    BalasHapus
  2. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  3. tekhnologi juga sekarang sudah menguasai pearadaban manusia,
    :p

    BalasHapus
    Balasan
    1. makanya jangan teknologi aja berkembang kita juga harus lebih maju dari dia :D

      Hapus
  4. postingan yang sangat bagus, membaca postingan ini sangat bermanfaat, saya menyukainya
    dan saya sudah follow ke 42
    jangan lupa follow balik kawan
    ditungggu dan terima kasih

    BalasHapus
  5. kunjungan malam sob ,nice info ya ...singgah balik ya sob , sukses terus buat sobat

    BalasHapus
  6. selamat datang kembali @Liong Seo
    :))

    BalasHapus
:)) ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* :| 8-} :)] ~x( :-t b-( :-L x( :-p =))