Sabtu, 20 Juni 2015

Curiculum Vitae

1.  Pengertian Curriculum Vitae (CV)

Curriculum Vitae (CV) atau Daftar Riwayat Hidup adalah dokumen yang menjelaskan secara ringkas gambaran seseorang, apa yang telah lakukannya di masa lalu, apa relevansi pengalaman yang dimiliki terhadap pekerjaan yang sedang dilamar, sehingga dapat disimpulkan apakah orang tersebut tepat atau tidak untuk dipilih diantara kandidat lainnya. Di negara maju CV merupakan hal utama yang digunakan untuk menyaring pelamar pekerjaan secara online.



Ada beberapa perbedaan antara curriculum vitae dan resume. Sebuah curriculum vitae adalah lebih lama ( hingga dua atau lebih halaman ), lebih sinopsis rinci latar belakang dan keterampilan. Sebuah CV berisi pengungkapan latar belakang pendidikan anda dan akademis serta pengalaman pengajaran dan penelitian, publikasi, presentasi, penghargaan, kehormatan, afiliasi dan rincian lainnya. Sebagai dengan resume, anda mungkin perlu berbagai versi CV untuk berbagai jenis posisi.



Seperti resume, daftar riwayat hidup harus menyertakan nama anda, informasi kontak, pendidikan keterampilan dan pengalaman. Selain dasar - dasar, CV termasuk penelitian dan pengalaman mengajar, publikasi, hibah dan beasiswa, asosiasi profesi dan lisensi, penghargaan dan informasi lainnya yang relevan dengan posisi yang anda lamar. Mulailah dengan membuat daftar semua informasi latar belakang anda, kemudian mengaturnya ke dalam kategori. Pastikan anda menyertakan tanggal pada semua publikasi yang anda masukkan. 

Disamping sebagai syarat dalam melamar pekerjaan, CV juga digunakan sebagai persyaratan berbagai keperluan lain seperti untuk mengajukan beasiswa, memberikan profil pribadi untuk suatu acara ataupun keperluan lainnya. Tidak sedikit pelamar kerja yang memiliki potensi bagus namun mengalami kegagalan pada tahap administrasi hanya karena tidak mampu menunjukkan siapa dirinya di dalam CV, sehingga perusahaan tidak tertarik untuk melanjutkan proses seleksi selanjutnya.





2.  Hal – Hal yang Berhubungan dengan Curriculum Vitae



a. Manfaat Curiculum Vitae

Manfaat curiculum vitae adalah menjelaskan keterangan diri, informasi diri, data diri dan sebagainya. Dengan CV, setiap orang yang membaca dan memeriksa CV seseorang akan dapat mengetahui dan menelaah setiap orang dari informasi diri yang telah diberikan, serta dapat memberikan gambaran seseorang melalui kegiatan – kegiatan atau dari spesifikasinya dalam pendidikan dan berorganisasi. Dengan kata lain manfaat CV menjelaskan kriteria diri dalam bentuk teks.



b. Susunan Curiculum Vitae



1. Data Pribadi

Bagian ini berisi nama, alamat, agama, email, nomor telepon dan identitas pribadi lainnya.



2. Pendidikan

Bagian ini menjelaskan latar belakang pendidikan dan berhubungan dengan pekerjaan yang dituju. Pada umumnya, banyak yang  membuat CV menjelaskan dari TK (Pendidikan paling dasar), SD, SMP sampai perguruan tinggi (Pendidikan terakhir).



3. Pengalaman Kerja

Bagian ini adalah bagian yang paling dilihat oleh perekrut kerja. Pengalaman kerja memberikan gambaran apakah seorang kandidat sudah memiliki jam terbang yang cukup atau masih terbatas. Rekruter juga bisa menentukan apakah kandidat dapat segera menyesuaikan diri di organisasi yang baru atau apakah dia butuh penyesuaian yang panjang.



4. Skill Yang Dimiliki

Seharusnya pada bagian ini perlu dijelaskan dalam CV skill apa saja yang telah dimiliki sebagai proses belajar maupun pengalaman dari pekerjaan sebelumnya. Dan dibuat dalam bentuk yang meyakinkan dan informatif.



5. Training Yang Pernah Diikuti

Untuk lebih meyakinkan lagi, perlu memasukkan daftar training yang pernah diikuti sebelumnya untuk memberi gambaran sejauh mana pemilik CV telah berkembang dan wawasan apa saja yang sudah dimiliki.



6. Prestasi

Ini adalah bagian yang penting disamping pengalaman kerja yang menjelaskan keunikan, kelebihan dan presetasi sebagai individu sekaligus pencapaian di bidang tertentu.



7. Kegiatan Ekstrakurikuler/Kemasyarakatan

Selain hal-hal yang berhubungan langsung dengan pekerjaan. Pada CV juga perlu memberikan sedikit gambaran kegiatan yang dilakukan di masyarakat. Ini akan menunjukkan bahwa pemilik CV bisa membagi waktu dan memiliki hubungan sosial  yang lebih luas, tidak hanya sebatas di lingkungan pekerjaan. 



c. Isi Curiculum Vitae



>Contoh 1



DAFTAR RIWAYAT HIDUP





Data diri

Nama                                                 : Dwi Sriyanti

Jenis Kelamin                                    : Perempuan

Tempat / Tanggal Lahir                   : Lampung Selatan, 3Januari 1994

Kewarganegaraan                             : Indonesia

Status Perkawinan                            : Belum Menikah

Tinggi, Berat badan                          : 155 cm, 45 kg

Kesehatan                                          : Baik

Agama                                               : Islam

Alamat                                               : Jalan Masjid At-Taubah Gg Mandor Lipin No.

      21E Rt. 001 Rw 04 Kelurahan Cilangkap, Kecamatan       Tapos,  Kota Depok, Jawa Barat 16458

Telepon / Hp                                    : 0899-575-9065 / 0857-7799-7703

E-mail                                                : dwisriyantipb@gmail.com



Pendidikan

·        Pendidikan Formal

2009 - 2012                                     : SMA Negeri 1 Kalianda, Lampung Selatan

2006 - 2009                                    : SMP Negeri 2 Palas, Lampung Selatan

2000 - 2006                                   : SD Negeri 2 Baliagung, Palas-Lampung Selatan



Hobi dan minat

·        Membaca, Olahraga , Berenang



Kemampuan

·        Dapat bekerja sendiri atau dengan tim.

·        Cepat untuk menyesuaikan diri dengan lingkungan.

·        Terbuka dan mempunyai semangat membangun diri agar lebih baik.



Ringkasan

Saya memiliki semangat dan tekad yang kuat untuk belajar dalam hal  yang baru.

0 komentar:

Posting Komentar