Saya disini akan membahas beberapa contoh kasus yg sering terjadi
dalam suatu organisasi. Dari pengertian konflik yang sudah
diketahui adalah suatu kondisi perilaku yang tidak tersembunyi atau
tidak disembunyikan dimana satu pihak ingin memenangkan kepentingannya
sendiri diatas kepentingan pihak lain. Jadi banyak kejadian diluar sana
yang mementingkan dirinya sendiri tanpa memikirkan orang lain. Konflik
pada dasarnya merupakan suatu proses yang dimulai pada saat satu pihak
merasa dibuat tidak senang oleh nya, atau adanya itikad akan berbuat
tidak menyenangkan kepada pihak lain mengenai sesuatu yang dianggap oleh
pihak pertama hal yang penting.
Langsung saja kita bahas, kasus-kasus konflik yg sering terjadi di dalam suatu organisasi. Contoh pertama; kejadian kompetisi persaingan tidak sehat. Di
dalam organisasi pasti ada yg namanya posisi / jabatan, semakin tinggi
jabatan, maka semakin tinggi tanggung jawab, dan yg pasti semakin tinggi
juga honornya / gajinya. Seperti ada istilah, kalau di dunia kerja itu banyak yg menggunakan jurus kodok !
Injek yg di bawah, sikut yg di samping, jilat yg di atas. Hahaha.. Tapi
hal tersebut memang sering terjadi dalam sebuah organisasi.
Lalu cara penyelesaiannya bagaimana ? Penyelesaiannya,
bergantung pada pemimpin tertinggi dalam suatu organisasi tersebut.
Bagaimana pemimpin tertinggi memberikan pandangan terhadap bawahannya.
Biasanya jika para pemimpin menaruh paradigma pada bawahannya, “yg
bekerja paling baik adalah yg akan dipromosikan dengan jabatan yg lebih
tinggi”, maka jurus kodok pun terjadi. Akan tetapi jika
pemimpin tertinggi memberikan paradigma pada bawahannya, “bahwa
organisasi ini adalah milik kita bersama, dengan tidak membeda-bedakan
atasan dengan bawahan”, maka bawahannya akan merasa memiliki, inilah yg paling penting dalam perusahaan, bahwa semua anggota merasa memiliki,
sehingga tidak akan terjadi kompetisi persaingan tidak sehat dalam
suatu organisasi. Sehingga yg akan tertanam di dalam pikiran bawahan
adalah dia merasa seperti memiliki keluarga baru di dalam organisasi tersebut.
Contoh kasus kedua, lebih-kurang dana yg masuk. Dana
merupakan jantung dari jalannya kegiatan operasional suatu organisasi.
Di dalam pemasukkan dana suatu organisasi pasti akan adanya lebih-kurang
yg terjadi di dalam dana fisik dengan dana nonfisik (dana yg tercantum
dalam pembukuan). Terkadang hal itu terjadi dikarenakan 2 hal;
akuntannya yg tidak jujur, atau memang dana itu hilang atau terjadi
kesalahan di dalam pembukuan.
Lalu bagaimana cara penyelesaiannya ? Penyelesaiannya, yg namanya masalah uang
adalah masalah yg memang paling sulit. Intinya, pemimpin tertinggi
harus cerdik dalam merekrut akuntan untuk organisasi yg
dijalakannya, maka dari awal perlu dipilih orang yang memiliki jiwa
kejujuran yang tinggi. Seandainya yg terjadi, memang dana itu hilang
atau terjadi kesalahan di dalam pembukuan, sebagai pemimpin tertinggi
kita harus tegas terhadap bawahannya. Akuntan harus mengganti dana yg
hilang dengan memotong gajinya, sehingga akuntan akan lebih berhati2
dalam bekerja. Dalam cara ini, pemimpin bukannya kejam, akan tetapi mau mendisiplinkan bawahannya dengan aturan yg tepat. Jika yg terjadi adalah dana itu dirampok,
dan sudah jelas pemimpin tahu dana itu hilang karena dirampok. Tidak
baik juga aturan sebelumnya dilaksanakan. Apalagi jika dana yg hilang
cukup besar. Disini pemimpin harus bijaksana dalam mengambil keputusan,
sebaiknya masukkan saja dana yg hilang itu ke dalam pembukuan sebagai biaya lain-lain.
Dengan demikian, sang akuntan pun akan merasa bersalah karena dia tidak
dapat menjaga dana tersebut dengan baik, sehingga dia akan bekerja
lebih baik dan memiliki rasa hutang budi terhadap pemimpinnya.
Demikianlah contoh-contoh kasus yg sering terjadi di dalam perusahaan
beserta penyelesaiannya. Maaf jika ada salah kata, semoga bermanfaat :)
Referensi : https://gerald85joshua.wordpress.com/
0 komentar:
Posting Komentar